1/14/2013

Burung Branjangan

MEMAHAMI KARAKTER HOVERING BURUNG BRANJANGAN

Siapapun yang memelihara atau pernah memelihara burung branjangan pasti menginginkan agar burungnya bisa bernyanyi dengan gaya yang menjadi ciri khasnya, yaitu hovering. Apakah semua burung branjangan akan melakukan hal tersebut? Oke, pertama kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan hovering pada spesies burung ini. Hovering, dalam kamus bahasa Inggris, berarti melayang

Pengertian hovering pada branjangan adalah kondisi di mana burung bernyanyi sambil terbang vertikal. Ini adalah karakter asli, sebagaimana terlihat di alam bebas, dengan tujuan untuk memberitahukan burung sejenis bahwa daerah ini merupakan wilayah teritorialnya. Bisa juga dimaksudkan untuk mempertahankan wilayah teritorial tersebut, atau untuk menarik perhatian calon pasangannya.
Ada kalanya hovering dilakukan untuk mengecoh predator yang mencoba mengusik sarangnya yang berada di permukaan tanah. Dengan cara itu, dia akan melakukan hovering, kemudian mendarat di satu tempat di mana para predator akan berpikir bahwa di situlah tempat branjangan bersarang. Padahal itu sekadar aksi tipu-tipu branjangan, karena sebenarnya ia mendarat di tempat / lokasi yang cukup jauh dari sarangnya .

Nah, melihat karakter tersebut, apakah memungkinkan jika branjangan melakukan hovering dalam sangkar? Ssaya jawab tergantung kondisi burung dan kondisi kandangnya. Misalnya burung dalam kondisi siap hovering, tapi kandang tidak memungkinkannya untuk melakukan itu (misalnya tinggi sangkar tak memadai), maka burung kecil kemungkinannya untuk bisa melayang.
Sebaliknya, Anda menggunakan sangkar dengan tinggi yang memadai, dengan panjang dan lebar yang memadai pula, tetapi burung belum siap melakukan manuver tersebut. Tentu saja hovering tetap tidak bisa dilakukan bukan?
Mengenai bagaimana burung branjangan akan melakukan hovering sembari bernyanyi, tentu hal ini sangat tergantung dari bagaimana mental burung tersebut.

Mempersiapkan agar burung branjangan mau melakukan hovering juga bukan hal yang mudah, karena semuanya tergantung karakter dan mood dari burung tersebut.
Namun dengan beberapa kali latihan, seperti mencari setelan yang pas untuk tempat tangkringan (batu yang digunakan), serta penjemuran yang rutin, pasokan makanan yang bergizi dan tambahan suplemen, tentu akan sedikit membantu burung untuk mau melakukan gaya hovering.
Apalagi kalau mental dan katuranggan burung sudah diyakini bagus, tentu branjangan akan melakukan hovering sambil berkicau dengan lantang.
Untuk burung yang masih muda, mereka kerap melakukan penguatan otot sebelum melakukan gaya hovering. Jika Anda melihat branjangan sering mengepakkan sayapnya sambil berdiri diatas batu tangkringan, itu adalah salah satu latihan yang dilakukannya, selain loncat-loncatan di batunya.
Makin beranjak dewasa, makin kuat pula otot sayapnya sehingga burung akan lebih pede saat melakukan hovering untuk memberitahukan wilayah teritorial atau untuk menarik perhatian calon pasangannya

 Dalam hal ini fungsi penjemuran, suhu kandang yang hangat, dan kondisi di mana burung mengalami birahi, juga sangat membantunya untuk melakukan gaya tersebut

video





No comments:

Post a Comment